Seputar Modem yang Perlu Anda Ketahui

Timeout occured while processing the operation pada
Timeout occured while processing the operation pada

langsung saja ke inti permasalahan karena saya ngantuk berat , postingan kali ini adalah kumpulan permasalahan modem dan solusinya , segala macam permasalahan tetang modem akan kita bagikan di postingan ini , walaupun saya akan ungkit untuk sebagian besar saja, tidak hanya permasalahannya saja , saya akan membahas semua sisi tentang modem usb untuk anda specialis untuk modem colok bukan juga modem colokyang ada baterainya.

  • Error 734 , 720 dll : biasanya permasalahan ini bisa terselesaikan dengan cara mengganti lokasi port usb , atau mengganti lokasi port usb lalu restart PC / laptop kamu . Jika cara diatas belum terselesaikan coba lakukan dengan membuat settingan APN baru , dan lakukan restart komputer anda.
  • Panjang kabel port : memasang kabel adaptor USB dari laptop ke modem adalah salah satu jalan terbaik untuk melokasikan modem selalu pada posisinya , dan posisinya bisa diatas untuk medapatkan sinyal yang baik , tapi saran saya usahakan panjang kabel tersebut tidak lebih dari 15meter, karena bila lebih dari itu kemungkinan laptop atau modem anda akan sering error , perhatikan baik-baik 15meter bisa dibilang terlalu panjang , ingat modem juga membutuhkan arus listrik , jadi bila anda menggunakan kabel dengan panjang lebih dari 15 meter , proses koneksi modem dengan laptop anda akan terasa sekali lambatnya.
  • Perbedaan RAS dan NDIS  : settingan ini biasanya ada di Tools>Options>General>Connection Type. nanti akan da 2 pilihan yaitu RAS (modem) atau NDIS. perbedaanya hanya di kecepatannya yaitu RAS (modem) kecepatanya mengikuti / sesuai dengan operator yang anda gunakan . Lalu NDIS adalah kecepetan sesuai dengan modem standar anda biasanya kira-kira 64kbps (untuk modem lama), perbedaan ini bukan salah satu patokan untuk anda, anda bisa menggunakannya sesuai karakter anda , tipsnya cek settingan default dulu dan uji kecepatannya contoh settingan awal NDIS , lakukan cek kecepatan , lalu coba rubah di RAS dan uji kecepatannya lagi , mana yang lebih bagus , silahkan pilih sendiri.
  • SIM CARD : untuk menghindari longgarnya socket sim card anda , usahakan jangan terlalu sering ganti-gantu kartu selular , satu saja agar tidak lama-lama longgar , bila sudah longgar coba ganjal saja dengan kertas atau mika tipis ang kamu buat seukuran sengan sim card tersebut.
  • Panas : ada satu pertanyanyaan yaitu : Jika Modem digunakan dalam periode lama apakah akan panas ,dan apakah mengganggu kinerja hardware lainya ? jawabannya : Panas itu adalah hal yang normal, dan itu tidak terlalu menggangu kinerja anda , tapi kreatifitas boleh saja dilakukan saya kemarin lihat di KASKUS , modem tersebut diletakkan didalam BOX kecil lalu diberikan kipas untuk pembuangan udara panas.
  • Beda : beda modem beda kecepatan beda , beda provider juga beda aturannya.
  • Huawei , ZTE atau Sierra : Huawei dan ZTE adalah produk dari Perusahaan China dan Sierra adalah dari Perusahaan Canada (Top Leader GSM Wireless) , harga sangat berpengaruh jadi kualitas di tentukan oleh harga juga.
Tags:
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *