Merawat CD ROM Agar Laptop Awet

Masalah laptop rusak memang sangat menyebalkan. Apalagi jika rusaknya pada bagian CD ROM. Salah satu perangkat keras yang mana pemakaiannya musti hati-hati karena cukup sensitif.

Masih menggunakan CD sebagai media penyimpanan data? Kenapa tidak menggunakan flash disk? Lebih simpel, kan?

Simpel, memang. Tapi, tidak untuk mereka yang sering mengikuti Bimbingan Teknis atau Workshop. Panitia masih memanfaatkan CD yang telah diisi dengan materi. Jadi, harus dibuka di CD ROM, kan?

Lalu, bagaimana jika CD ROM sampai rusak total? Emmm… ya mau gimana lagi. Jika itu memang penting untuk pekerjaan, maka harus beli yang baru.

Saat ini banyak toko khusus yang menjual asesoris dan atau perangkat keras komputer. Tidak hanya di toko offline saja, kini banyak juga toko online yang menjual barang tersebut. Makin banyak, dan marak. Salah satunya yaitu MatahariMall.

Selain CD ROM, di sana juga terdapat deretan laptop baru dari berbagai merek yang siap membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan. Bahkan, MatahariMall juga jual laptop Asus terbaru dengan harga yang beragam.

Nah, jika nantinya sudah menggunakan laptop baru, gunakanlah CD ROM sesui kapasitas dan tidak menyalahi aturan. Berikut hal-hal yang membuat CD ROM mudah rusak:

Membuka Tray CD ROM Secara Paksa

CD ROM yang jarang digunakan mungkin mengalami penurunan fungsi. Sehingga tray-nya kadang macet dan susah untuk dibuka. Jika menghadapi hal ini, sebaiknya jangan tergesa-gesa. Tekan tombol tray perlahan-lahan dan tunggu sejenak hingga CD ROM terbuka.

Ulangi beberapa kali bila tray berbunyi namun belum terbuka dengan sempurna. Jangan menarik tray secara paksa dari CD ROM. Karena hanya akan membuat tray mudah rusak, bahkan patah.

Kondisi Keping CD yang Kotor

Lempeng, keping CD yang akan dimasukkan ke CD ROM harus diperiksa secara teliti. Jangan sampai ada goresan atau kotoran yang tertinggal di permukaan CD dan DVD.

Kepingan CD dan DVD yang terkena cairan juga berisiko merusak CD ROM. Demi menghindari kerusakan pada CD ROM, gunakan CD atau DVD yang berkualitas. Bila tidak memiliki cairan pembersih khusus, gunakan kapas untuk membersihkan permukaan keping CD.

Menyentuh Beberapa Komponen CD ROM yang Sensitif

CD ROM terdiri dari komponen-komponen kecil yang rentan rusak. Oleh sebab itu, penggunaannya harus dilakukan secara hati-hati.

Jangan menyentuh bagian tengah CD ROM karena bisa membuat CD ROM tidak bisa membaca data-data. Usahakan untuk kembali menutup CD ROM yang sedang tidak digunakan untuk menghindari masuknya debu ke bagian dalam CD ROM.

Meski tampak sepele, CD ROM adalah komponen penting dalam sebuah laptop. Instalasi software, aktivitas mendengar musik, dan menonton film dapat dilakukan kapan saja dengan kondisi CD ROM laptop yang senantiasa terjaga.

Tags:
3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *