8 Bahasa Pemrograman Terpopuler

Sebagi penikmat atau pengguna bahasa pemrograman, tidak ada salahnya kita mengenal bahasa pemrograman sebelum menggunakannya. Menurut Pakde Wiki, Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando atau instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan atau diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Nah, setelah mengetahu apa itu Bahasa Pemrogaman, sekrang saatnya mengenal Bahasa Permrograman. Sebenarnya, banyak sekali bahasa permrograman yang sudah di ciptakan oleh para ahli atau pencetus bahasa pemrograman. Jika sahabat termasuk orang-orang yang terjun secara langsung di bidang IT, jangan ragu dan jangan tanggung-tanggung untuk mempelajarinya. Saya akan mengenalkan 8 Bahasa Pemrograman saja. 8 Bahasa Pemrograman Terpopuler di sini adalah kategori terpopuler menurus saya. :lol:Langsung saja, berkenalan dengan 8 Bahasa Pemrograman Terpopuler versi idah. 😛

1.Bahasa Pemrograman Delphi.

Bahasa Pemrograman DelphiSahabat saya yang baik hatinya, 😉 Bahasa Pemrogman ini pastinya sudah tiidak asing lagi, kan? Dahulu kala, bahasa pembrograman Delphi sering sekali saya tulis di Rumah Biru.  Tetapi tidak ada salahnya di pelajari kembali supaya lebih terngiang. 😆 Borland Delphi adalah bahasa tingkat tinggi dan terkompilasi yang mendukung bahasa terstruktur serta Perancangan Berorientasi Object (OOD). Delphi menggunakan bahasa Pascal, sebuah bahasa terstruktur generasi ketiga. Delphi menawarkan gaya pemrograman yang bersih dan konsisten dan yang terpenting menghasilkan aplikasi yang lebih dapat diandalkan. Jika sahabat ingin tahu lebih jelas mengenai Delphi, Aplikasi dari Delphi dan lainnya yang berkaitan dengan Delphi, silahkan berkunjung ke Rumah Biru.

2. Bahasa Pemrograman Java.

Bahasa Java

Java mulai dirilis pada tahun 1990 sebagai bahasa program yang disebut Oak, kemudian Sun MycroSystem mendirikan kelompok kerja yang terdiri atas para programmer handal untuk membuat produk dan memperluas pasar Sun. Oak didesain pertama kali untuk personal digital assistance yang disebut *7 yang akan dipasarkan Sun dengan fasilitas Graphical User Interface.

Ternyata *7 tidak pernah dipasarkan dan secara kebetulan Sun membentuk suatu perusahaan yang disebut Firstperson untuk mengembangkan *7 dalam bentuk TV set-top boxes untuk televisi interaktif. Karena persaingan begitu ketat akhirnya prospek TV interaktif menurun dan akhirnya Oak tidak laku di pasaran. Akan tetapi FirstPerson dan Oak mengalami kegagalan. bermunculan para perintis internet khususnya World Wide Web seperti Netscape membuat software yang memungkinkan terjadinya koneksi antara internet dengan www. Sun akhirnya menyadari bahwa Oak memiliki kemungkinan besar untuk membuat jalur akses ke dunia web. Tidak lama kemudian Oak diluncurkan di Internet dengan nama baru yaitu, Java

Bahasa pemrogaman Java dirilis secara gratis di Internet dan Sun memberikan lisensi penuh terhadap implementasi Java dan segala komponennya untuk digunakan di berbagai vendor software Internet dengan harapan supaya dapat menciptakan standard pemrogaman web.

Aplikasi Bahasa Java:

* Pemrograman jaringan
* Pembuatan aplikasi berbasis windows
* Program untuk membuat web


3. Bahasa Pemrograman PHP.

Bahasa Permrograman PHPPHP adalah bahasa pemrogaman web atau scripting language yang didesain untuk web. PHP dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdford untuk menghitung jumlah pengunjung pada homepagenya pada akhir tahun 1994. PHP terus berkembang dari PHP 1 yang ditulis ulang Rasmus dalam bahasa C pada tahun 1995 sampai PHP 4 yang diluncurkan tanggal 22 Mei 2000.

Aplikasi Bahasa PHP :

* PHP digunakan sebagai landasan operasi pada pemrogaman jaringan berbasis web
* PHP digunakan juga untuk pemrogaman database.
* PHP digunakan untuk membuat aplikasi web

4. Bahasa Pemrograman Pascal.

Bahasa Pemrograman PascalPascal dibuat pertama kali oleh Prof. Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. pascal berasal dari nama matematikawan yaitu Blaise Pascal. Pascal digunakan untuk mengenalkan pemrograman terstruktur.

 

Aplikasi Bahasa Pascal:

* Pascal dipakai sebagai landasan pembuatan kode perangkat lunak Delphi (berbasis windows)
* Pascal dipakai sebagai landasan pembuatan kode perangkat lunak Kylix (berbasis Linux)

5. Bahasa Pemrograman C

Bahasa Pemrograman CBahasa C merupakan perkembangan dari bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Selanjutnya bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut bahasa B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C yang diciptakan oleh Dennis Ricthie & W. Kerninghan tahun 1972 di Bell Telephone Laboratories Inc. (Sekarang adalah AT & T Bell Laboratories)

Aplikasi bahasa C :

* Bahasa C pertama kali digunakan di Computer Digital Equipment Corporation PDP-11 yang menggunakan system operasi UNIX.
* Bahasa C juga digunakan untuk menyusun operasi Linux
* Banyak bahasa pemrogaman popular seperti PHP dan Java menggunakan sintaks dasar mirip bahasa C.

6. Bahasa Pemograman C ++

Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup tahun 1983 di Lab Bell. C++ merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek menggunakan kaidah bahasa C.

Aplikasi bahasa C++ :

* Sebagai bahasa pemrograman di Windows, UNIX, Linux.
* Visual C++ dapat dibuat aplikasi apa saja seperti database.
* Bahasa untuk pembuatan system operasi, game, system kendali,pembuatan aplikasi
* Untuk membuat bahasa baru atau membuat compiler bahasa baru
* Untuk menulis komponen dan file-file pustaka bahasa lain

7. Bahasa Pemograman Ruby

Bahasa RubyRuby adalah bahasa pemrogaman scripting yang berorientasi objek. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa pemrogaman scripting yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa C.Ruby pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto. Penulisan Ruby dimulai pada February 1993 dan pada Desember 1994 dirilis versi alpha dari ruby. Pada awal perkembangan Ruby, Yukihiro meulis Ruby sendiri sampai pada tahun 1996 terbentuk komunitas Ruby yang banyak mengkotribusikan Ruby.

Aplikasi bahasa ruby:

* Implementasi besar Ruby pada JRuby dan Rubinius
* Ruby dapat diterapkan pada teknologi Asynchronous JavaScript dan XML (AJAX).
* Ruby on Rails untuk membuat framework web

8. Bahasa Pemrograman Visual Basic. Net

Visual Basic. NETSebelum menjadi Microsoft Visual Basic .NET,  Microsoft Visual Basic 1.0. Microsoft Visual Basic 1.0.dikenalkan pada tahun 1991, pendekatan yg dilakukan untuk menghubungkan bahasa pemrograman dengan GUI berasal dari prototype yg dikembang oleh “Alan Cooper” yg di sebut TRIPOD. Kemudian Microsoft mengontrak copper dan asosiasinya utk mengembangkan tripod agar dapat digunakan di windows 3.0 dibawah nama kode Ruby.

Seiring berkembangnya bahasa pemrograman terkini, Visual Basic meluncurkan Visual Basic. NET.  Peluncurannya mengundang kontroversi, mengingat banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh Microsoft, dan versi baru ini tidak kompatibel dengan versi terdahulu. Microsoft Visual Basic .NET bergerak untuk membangun aplikasi di atas sistem .NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC.

Aplikasi bahasa Visual Basic. NET:

* Membangun aplikasi Windows Forms
* Membangun Aplikasi web berbasis ASP.NET
* Membangun aplikasi command-line.

Setelah mengenal 8 Bahasa Pemrograman Terpopuler versi saya, semoga sahabat berkenan untuk mencoba belajar satu per satu bahasa pemrograman di atas. 😉

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *