Cara Bongkar Pasang Keyboard Komputer

Sekilas mungkin kalau dilihat dari wujudnya keyboard komputer adalah hal yang sepele dan murah , kalau barang rusak tinggal ganti baru saja , itu menurut anda yang mempunyai keyboard komputer yang hanya berfungsi untuk mengetik mungkin masih bisa membeli dengan keyboard yang harga LOW , tapi untuk saya pribadi saya sangat pilih-pilih keyboard , kemarin saya membeli keyboard yang katanya keyboard edisi game , yang tombol AWSD dan panah berwarna lain sendiri (warna merah biasanya), tapi apa yang saya dapatkan Delay ketukan jari dan dan hasil ketikan tipis sekali setipis bulu rambutmu 😀 , akhirnya saya emosi sendiri saat saya bermain game -_-. dan akhir dari cerita saya pribadi tersebut akhirnya saya mencoba buka kembali keyboard kesayangan saya yang masih saya simpen di kardus , sebenarnya belum rusak cuman tombol AWSD sudah tenggelam dan tidak mau naik lagi , karena kalau saya lagi geregetan main game seperti guitar hero , saya mencet keyboardnya terlalu liar :v , dari pada saya ngawur ngomong terus mari langsung saja simak cara bongkar pasang keyboard komputer ala admin A :

Persiapan alat :

  • Obeng +
  • pembersih (bisa kuas bisa bekas sikat gigi)
  • kertas atau kardus tidak terpakai
  • lem alteco (atau bisa yang laiinya)

Tahap-tahap bongkar pasang keyboar komputer :

foto0296

Tahap pertama : bersihkan dulu bagian luar keyboard semua , biar nanti nggak ribet waktu membersihkan dalam keyboar. periapkan juga kardus / kertas tidak terpakai buat persegi empat kecil berjumlah 4 (bisa lebih) untuk persiapan ganjal keyboard.

foto0298Tahap kedua : balik keyboard komputer , bersihkan dulu , dan ganjal keyboard (saya tandai kotak) supaya semua tombol tidak tertekan , untuk mempermudah saat pemasangan. Perhatikan pula 2 baut dekat kabel , biasanya itu baut untuk mengunci soket keyboard. Dan saya tekankan perhatikan /cek tombol ada yang tertekan tidak . Jika semua sudah yakin lakukan bongkar baut satu persatu hati-hati

foto0299

Tahap ketiga : setelah dilepas semua baut, tampilan awal adalah seperti gambar diatas bisa di sebut jalur keyboard , mirip PCB , dan socketnya ada di gambar sebelumnya yang sudah saya kasih tanda bulat. coba lepas perlahan jalur kyboard tersebut perhatikan socket yang saya omongin tadi 😀 , dan bersihkan.

foto0300Tahap keempat : periksan karet yang sering anda gunakan jika sudah aus silahkan ganti dengan keyboard rusak di gudang anda , tapi kalau tidak punya sementara anda bisa ganti dengan tombol keyboard yang sering anda gunakan , seperti tombol “pg up” , “pg dn” home , silahkan pilih saja .

foto0301Tahap kelima : jika sudah banyak karet yang aus dan anda sepertinya males untuk beli keyboard baru , atau males lagi pindah-pindah karet keyboard tersebut , saya kasih tips orang modal nekat , yaitu begini caranya , biasanya kan karet pucuk centilnya biasanya sobek , persiapkan lem alteco . kalau pengen ngirit anda beli di material bilang saja lem alteco yang isi banyak , biasanya wadahnya kotak orange, kalau didesa saya nyebutnya lem korea :D, setelah ada lem tersebut , lem melingkar ke pucuk centil yang sobek tersebut dan tiup-tiup agar lekas kering , dan kembalikan ke semula .

 

Tahap keenam : finishing , anda tinggal pasang karet (ingat ganjal tadi jangan sampai ada yang geser) , dan perhatikan baik-baik tombol ada yang tertekan tidak, agar pemasangan bisa baik dan benar, pasang karet sudah tinggal pasang jalu tadi , dan terakhir tinggal tutup keyboard , kelar selesai dan alhamdullilah , selamat mencoba 😀

 

nb :

  • keyboard komputer jarang mengalami kerusakan , yang paling sering adalah kabel putus , ketumpahan benda cair , port colokan ada yang patah.
  • penanganan darurat : jika kabel putus atau coba potong kabel dan sambung dengan solder , ketumpahan benda cair , bongkar seperti tips diatas bersihakn semua , terutama di jalur keyboar tadi. kalau colokan dalemnya ada yang patah saya tidak bisa memberika solusi , solusinya hanyalah dengan mengganti colokan atau beli yang baru 😀

 

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *