Cara Disable Touchpad Laptop

Letak dan fungsi touchpad pada laptop mungkin mungkin untuk sebagian pemakai sangat berguna dan pas posisinya , tapi untuk sebagian pemakai lagi (seperti saya) touchpad terkadang mengganggu kinerja saya , sebut saja salah satunya dalam hal mengetik . Ketika saya mengetik untuk posting artikel blog beberapa waktu lalu saya sangat ribet saat menulis , saat enak-enaknya menulis tiba-tiba kursor tulisan naik sendiri terkadang juga turun sendiri , akhirnya tulisan jadi bercampur-campur tidak karuan , alhasil saya edit ulang lagi huft, masalah tidak berhenti disitu ternyata di laptop HP yang saya punyai ini tidak ada shortcut untuk disable/enable touchpad -_- (jadi semakin linglung saja saya) , dan masalah ketiga yang paling utama yaitu driver synaptics tidak ada (ya Tuhan apakah salah Hambamu ini ). Tapi permasalahan ini tidak membuat saya geram, saya rileks cari udara segar sejenak keluar , dan saya coba perbaiki dengan tahap pertahap yuk mari kita simak cara disable touchpad laptop , tapi jangan kuatir kali ini triknya tidak hanya untuk laptop saya sendiri saja , saya akan bantu untuk laptop yang lain juga :

Beberapa cara disable touchpad untuk windows 7 ( untuk windows 7 keatas mungkin masih sama) :

Melalui Synaptics Pointing Device : buka control panel/hardware and printer/devices and printer/mouse (lihat gambar dibawah), ikuti tahap-tahap sesuai dengan nomor.

synaptic2jika menu control panel di hidden anda bisa mencarinya di sistray lihat gambar berikut  :

synapticklik logo tersebut (logo ada 3 macam lihat gambar pertama) dan pilih “Pointing Devices Properties”, dan lakukan step lagi untuk disable touchpad anda .

 

Menggunakan Shortcut bawaan laptop : lokasi untuk disable/enable pada setiap laptop mungkin berbeda-beda tapi mayoritas masih menggunakan tombol “fn” untuk menonaktifkannya , coba cari ikon touchpad dari tombol f1 sampai f12 , kemungkinan ada 😀 beberapa info : ada yang  fn + f5 , fn+f7 , untuk acer bawaan lama saya cek malah ada tombolnya dekat dengan touchpad itu sendiri

 

Uninstall driver : mungkin ini cara terakhir yang bisa anda lakukan yaitu dengan uninstal driver toucpad itu sendiri , tapi sebelum anda uninstal lebih baik anda cek dulu driver bawaan laptop anda apakah masih tersedia, untuk berjaga-jaga sewaktu-waktu jika anda membutuhkannya (walapun anda bisa mendownloadnya). klik kanan ikon komputer masuk properties > Device Manager > klik Mice and other pointing device , disitu biasanya ada dua icon pertama untuk mouse kedua untuk touchpad , silahkan disable dulu dan restart , kalau touchpad masih berfungsi silahkan uninstal saja . cara ini adalah cara menghapus driver touchpad itu sendiri , sehingga laptop anda tidak mengenali hardware dari touchpad itu sendiri , bila anda mengaktifkannya kembali silahkan instal driver toucpad baawan laptop anda kembali .

Bagikan juga pengalamanmu :

  • mungkin yang mempuyai laptop yang b

Penting :

  • tutorial diatas tergantung dengan kesamaan driver dan laptop anda , mungkin beberapa laptop mempunyai shortcut dan driver touchpad yang berbeda

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *