Cara Memilih Hard disk Eksternal

Sejak awal bekerja jadi operator warnet dulu saya berusaha cicil beli flashdisk (FD) dari awal 512mb kingston (benda favorit) sampai paling besar 4gb , ada 8 FD dulu , dan akhirnya FD 512MB kesanyangan saya hilang dan hingga sekarang tinggal 6 biji saja , ada yang 1gb, 2gb , dan 4gb , sampai saya binggung naruh dimana file yang saya simpen kemarin -_- , karena sampai sekarang saya masih kurang saja kapasitas , akhirnya saya mulai memutuskan untuk membeli hard disk eksternal , saya menulis ini sekalian curhat sekalian memberikan tips cara memilih hard disk eksternal agar anda benar-benar mengetahui kualitas dari hard disk sebelum anda memutuskan untuk membelinya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli hardisk external baru :

  1. Manfaatkan google untuk memilih merk apa yang akan ada pilih nantinya , tentunya ada bisa melihat dati harga dan spesifikasi
  2. Sebelum anda membeli silahkan cek sistem operasi anda yang pakai , karena MAC menggunakan sistem HFS+ dan Windows menggunakan NTFS, sehingga developer mengeluarkan versi berbeda sesuai sistem operasi anda .
  3. Sesuikan kebutuhan simpan data anda , jika anda penyimpan yang anda butuhkan cukup besar, saya sarankan beli yang besar sekalian 500GB /1TB tapi ingat dengan besarnya kapasitas pastinya harganya juga ikut besar.
  4. Cek kecepatan RPM (rotasi per menit) , karena semakin cepat rotasinya semakin bagus pula kecepatan membaca file , dari copy pasti juga cepat , dari yang saya lihat HD terbaru mempunyai kecepatan sekitar 10.000rpm.
  5. Perhatikan fitur tambahan , coba bandingkan dengan HD external yang harga sama tapi ada fitur tambahannya beda , silahkan pilih yang mempunyai fitur banyak seperti fitur : backup, password protector, yang jelas sesuaikan dengan kebutuhanmu
  6. Perhatikan pula ketahanan Hard disk yang akan anda beli nantinya dari bentuk casing , ukuran casing , dan bahan penutup Hard disk anda , tahan guncangan atau tidak, karena siapa tahu saja suatu saat Hard disk external tersebut anda ajak travelling atau naik gunung.
  7. Konektifitas juga perlu anda perhatikan baik-baik . silahkan cek port USB di komputer / laptop anda , jika sudah ada port USB 3.0 , sebaiknya pilih konektifitas HD external yang ber USB 3.0 karena apa , karena USB 3.0 jauh lebih cepat dari USB 2.0 , transfer rate USB 3.0 sampai 5GBps dan USB 2.0 hanya sampai 480 Mbps.
  8. Perhatikan kabel data pada hardisk eksternal biasanya ada yang 4 pin atau 5 pin dan ujung USB nya ada yang dua kabel ada pula yang satu kabel, pilihlah yang kabel datanya 4 pin dengan ujung satu USB, kabel data ini cirinya kepala kabel yg masuk ke hardisk agak tebal biasanya digunakan untuk kabel data kamera atau mp3 player, terkait dengan ujung USB yang satu atau dua, saya sarankan yang ujungnya satu saja alasannya selain boros colokan juga masalah kecepatan, yang berujung dua biasanya hardisk eksternal yang digunakan adalah hardisk dari notebook hanya diberi casing saja jadi dia masih perlu kabel lain untuk suplay powernya pada beberapa laptop kalau hanya dicolokkan satu kabel hardisk ini tidak akan terbaca, kalau yang ujung USB nya satu itu memang dari awalnya dirancang untuk hardisk eksternal sehingga manajemen power dan datanya sudah bagus.

hd external

tambahan :

  • Ada satu hal penting yang harus saya katakan yaitu : HD external (piringan) tidak seperti FD , jadi biasakan eject sebelum melepas USB HD external untuk mengurangi bad sector.
  • Untuk mempercepat proses baca hardisk, matikan software backup bawaan hardisk. Aktifkan saat anda perlu untuk backup saja. Karena biasanya software tersebut akan langsung membackup otomatis saat USB terpasang.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *