Cara Mengganti LCD dan Touchscreen Smartfren Andromax C

Setelah saya kemarin share tentang cara mengatasi tombol back dan home rusak di android, kali ini saya memberanikan diri untuk mencoba menganti LCD dan touchscreen smartfren andromax c , terutama untuk smartfren andromax c2 dengan model : AD688G .

untuk harga touchscreen saja bervariasi dari yang dibawah 100k sampai diatas 100k, jujur ponsel ini sudah saya gantikan di tukang servis hape dua kali , pertama dengan harga 160k , dan harga 100k, dari dua kali penggantian hasil tidak maksimal sama sekali permasalahan sama yaitu , pas saya coba di tempat servisan , semua lancar , tapi setelah saya pakai lebih dari seminggu , ponsel tersebut mulai tidak karuan / error , touch sering mencet-mencet sendiri tombol home dan back rusak,

Setelah ponsel ini nganggur beberapa bulan akhirnya ada salah satu teman yang mempunyai ponsel yang sama tapi mesinnya sudah mati , nah karena itu saya memberanikan diri untuk mencoba memindah touchscreen punya teman saya ke ponsel saya yang rusak berbulan-bulan ini .

IMG_20160526_143640

modal awal :

  1. obeng plus (+) kecil
  2. SIM card tidak terpakai / pinset / fuller ( besi tipis kecil seukuran gergaji besi)
  3. pemanas / semacamnya

langkah-langkah :

IMG_20160526_143955

pertama (lihat gambar diatas) : [1] lepas casing belakang , lalu lepas baut (+) 6 buah yang saya sudah beri tanda icon orange, [2]setelah itu conkel perlahan dengan pinset , [3] dan dilanjutkan dengan membuka dengan perlahan menggunakan sim card

IMG_20160526_144118

kedua (lihat gambar) : setelah proses pembukaan casing belakang kelar, sekarang perhatikan lagi gambar diatas, [1] pin orange adalah lokasi baut, [2] TS : adalah tempat socket touchscreen , [3] LCD : adalah tempat socket LCD. Lepas semua baut dan socket LCD dan socket touchscreen, cara membuka socket : lepas plastik penutup socket (kalau ada) lalu congkel keatas pengunci (berwarna coklat), lalu tarik perlahan kabel penghubung lcd dan socket.

IMG_20160526_144248

ketiga (lihat gambar)  : langkah ketiga adalah melepas touchscreen dan LCD , tapi sebelum saya berikan cara membukanya saya jelaskan dulu , touchscreen dan LCD ini di rekatkan menggunakan solasi bolak-balik tebal jadi kalau anda tidak sabar dan kurang hati-hati bisa berakibat fatal yaitu touchscreen retak atau pecah, jadi sebelum anda mencongkelnya anda bisa memanasi pojok-pojokan ponsel tersebut dengan blower atau semacammnya , karena tidak mempunyai blower bisa anda akali dengan air panas yang anda taruh plastik lalu di tempelkan di samping-samping ponsel , atau taruh diatas air panas atau juga di majic com penanak nasi :v. setelah anda panasi sebentar proses congkel mencongkel akan terasa lebih mudah , mencongkel anda bisa mulai dari pojok seperti gambar diatas lalu anda geser perlahan dengan SIM card secara hati-hati. Perhatikan juga socket LCD dan touchscreen , supaya bisa terlepas dengan benar

keempat : setelah melepas LCD dan touchscreen langkah terakir adalah memisahkan antara LCD dan touchscreen , pengerjaannya sama , tinggal anda congkel sedikit dan dibuka sedikit-sedikit dengan simcard. Ingat LCD dan touchscreen juga direkatkan dengan solasi bolak-balik.

kelima : adalah mengembalikan semua part keposisi semula di mulai merekatkan LCD dengan touchscreen , pemasangan socket LCD dan touchscreen , baut-baut, casing belakang , baut-baut lagi , selesai.

tambahan :

  • bila kurang jelas anda bisa melihat videonya https://goo.gl/gyfIwU dan https://goo.gl/eN5mYE . Disitu ada video untuk melepas casing dan cara melepas touchscreen
  • setelah pemasangan berhasil silahkan di test touch sesuai harapan tidak jika belum sesuai harapan jangan dibongkar dulu , silahkan setting gesture atau coba di restore default dulu.
  • proses saya jalani dengan lancar tanpa kendala dari awal langkah bongkar pasang ini , hanya saja saya mengalami kesusahan saat membuka lcd dan touchscreen yang sangat rekat sekali lemnya, lainya lancar jaya .
  • tutorial ini tidak dibekali dengan alat yang mumpuni seperti di servisan tapi hasilnya lebih baik dari servisan yang saya bayar dua kali kemarin. DWYOR (Do With Your Own Risk). selamat mencoba.
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *