Fakta Unik Tentang Toner Laserjet

Tahukah teman-teman, apa itu toner laserjet? Sebagai tambahan catatan, saya perlu menuliskan di sini “apa, sih, yang dimaksud dengan toner laserjet?” Namun, sebelum mengarah pada toner, terlebih dahulu saya akan memberi informasi tentang laserjet yang mana ia termasuk salah satu jenis printer.

Sebuah perangkat keras, hardware output komputer yang berfungsi mencetak yang tampil dilayar monitor menjadi tampilan di lebar kertas. Itulah definisi dari Printer. Sedangkan printer laserjet yaitu sebuah mesin pencetak untuk komputer yang menggunakan teknologi diode cahaya untuk mendapatkan partikel-partikel kecil toner dari cartridge ke kertas.

Sudah satu tahun ini saya menggunkan printer jenis laserjet untuk mencetak hasil pekerjaan. Saya merasa nyaman menggunakan teknologi yang satu ini. Bisa dibilang ini termasuk perangkat keras yang bandel. Digunakan secara terus menerus pun hampir tidak pernah bermasalah. Terkecuali kalau tintanya habis. Itupun mudah banget mengisinya. Perngguna melepas tonernya, kemudian diisi dengan bubuk toner. Tidak seperti catridge pada umumnya yang mengharuskan pengguna untuk mengisi tinta ke dalam catridge.

Priinter LaserJet

LaserJet merupakan jenis printer yang menurut termasuk dalam kategori bagus kualitasnya dibandingkan dua jenis printer dot matrix atau ink jet. Alat mencetaknya pun berbeda, tidak menggunakan tinta seperti biasa, melainkan bubuk toner dan pencetakannya menggunakan infra merah. Begitu juga dengan mesinnya, berbeda. Ini yang menjadikan laserjet termasuk dalam kategori printer mahal.

Saya lebih suka menggunakan printer ini karena kecepatan kinerjanya yang tinggi. Kerja printer laser mirip dengan mesin fotocopy, yaitu menggunakan photographic drum. Ketika hasil cetakan keluar, lembaran kertas hangat. Persis sekali dengan mesin fotocopy, bukan? Kualitas cetakan yang dihasilkan pun cukup tajam.

Jika dibandingkan dengan tinta biasa, toner LaserJet memang lebih boros. Tapi, itu semua disesuaikan dengan pemakaian juga. Jenis printer apapun kalau pemakaiannya secara terus menerus, pasti cepat habis, kan?

Berikut alasan saya memilih laserjet sebagai partner:

  1. Tidak repot saat tinta habis. Karena nggak harus suntik pakai tinta, cukup mengganti toner saja.
  2. Tidak ada istilah catridge jebol karena terlalu sering digunakan.
  3. Kemampuan mencetak lebih cepat. Bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit.
  4. Hasil cetakannya lebih cepat kering, dan tidak mudah luntur bila terkena air.
  5. Mempunyai sistem unik yang bernama kocokan.

Dari lima kelebihan di atas, ada satu hal unik yang setahu saya hanya ada pada laserjet. Yaitu sistem kocokan. Yang saya maksud dengan sistem kocokan yaitu; ketika printer yang digunakan untuk mencetak sudah hampir habis, hasil cetak kurang tajam, pengguna bisa mengocok tonernya. Karena, sesungguhnya pada toner tersebut masih terdapat sisa-sisa serbuk toner. Inilah fakta unik tentang toner laserjet.

www.blanja.com

Sistem ini bisa dipraktikkan saat sedang dalam keadaan genting. Misal; kamu harus mencetak dokumen, tapi stok toner sedang habis. Gunakanlah sistem kocok ini. Setelah toner dikocok, hasil cetakan akan normal kembali.

Jika setelahnya hasil cetakan tidak jelas lagi, berarti kamu harus mengganti dengan toner yang baru. Kamu bisa melihat detil toner laserjet atau belanja toner di www.blanja.com. Ada banyak jenis produk toner untuk segalam macam merk printer laserjet di sana.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *