Keuntungan dan Kerugian Overclock Komputer

Overclock komputer penjelasan sederhana dari saya ialah mendongkrak atau memaksa komponen komputer/laptop  kamu untuk bekerja lebih cepat , untuk orang yang sering bergelut dengan komputer maupun perangkat seperti laptop istilah overclocking mungkin sudah biasa terdengar ditelinga, terus apa saja keuntungan dan kerugian overclock komputer /laptop kamu dan apakah kamu bisa melakukan overclock :

Keuntungan : kalau ditaya tentang sisi baik / keuntungan dari overclock adalah , tingkat kecepatan komputer/laptop kamu mengkat drastis , dari meningkatnya frame per detik, encoding decoding. Keuntungan laiinya yaitu : meminimalkan budget upgrade hardware.

Kerugian : yang paling jelas segel garansi pabrik hilang , umur dari perangkat yang anda ocerclock tadi berkurang , perangkat jadi cepat overheat /panas (kemungkinan menyebabkan perangkat rusak permanen) , jadi dibutuhkan pendingin ekstra, kebutuhan sumber daya listrik  juga meningkat, kehilangan data dan mungkin bisa menyebabkan kebakaran.  Kegagalan overclock juga bisa terjadi kalau biasanya komputer kamu berjalan lancar seperti biasa, eh setelah overclock komputer kamu malah sering tidak stabil terkadang restart sendiri atau hang sendiri.

Apakah kamu bisa melakukan overclock pada PC /laptop kamu : saya yakin semua bisa melakukan overclock tapi dengan tanda kutip , kita tidak tahu proses overclockmu berjalan dengan baik atau malah mungkin terjadi hal-hal yang buruk setelah overclock , sebelum melakukan overclock sebaiknya perhatikan beberapa notice sedikit  dari admin.

  1. Tidak semua perangkat bisa kamu overclock
  2. pastikan kamu mempunyai tambahan system pendingin contoh : water cooling system
  3. naikkan clock sedikit dan cek semua kodisi PCmu dari kipas prosesor sampai perangkat-perangkat laiinya , jika semua masih aman , naikkan lagi sedikit terus hingga kamu mendapatkan speed yang lumayan kenceng , tapi ingat itungan untuk naik jangan gede-gede perhatikan juga kapasitas awal , contoh prosesor awal 3,0 Ghz , kamu bisa clock sampai 3,6 Ghz itu udah kenceng sob jangan dinaikkan lagi takut kebakar 😀

wtf

Apakah perlu :Tetapi sepertinya overclocking sudah tidak diperlukan lagi dengan semakin berkembangnya teknologi. Sebagai contoh ketika komputer/laptop yang menggunakan hardisk biasa di overclock, kemampuannya masih kalah dengan komputer biasa yang menggunakan hardisk SSD. Tetapi sebaliknya, jika kamu melakukan overclock pada komputer yang menggunakan hardisk SSD maka peningkatan performa akan terlihat. Bagi penggemar Game atau Gamers yang ingin hardware komputer mereka berjalan lebih cepat dengan menggunakan teknik overclock, nampaknya sekarang CPU modern sudah tidak memerlukan itu lagi. CPU modern yang menggunakan graphic card cepat tidak akan ada pengaruhnya ketika menggunakan teknik overclock.

Apakah ponsel / smartphone bisa di overclock : overclock tidak hanya berlaku di komputer atau laptop kamu saja, overclock bisa kamu lakukan dismartphone kesayannganmu tapi saya tekankan lagi . Jangan cuma terpikat dengan kecepatan ponsel dan komputer/laptopmu saja , tapi perhatikan pula hasil dari overclock kamu tadi, contoh : perhatikan panas yang dihasilkan dari overclockmu tadi, kalau kamu tidak mempunyai sistem pendingin ekstra , perangkatmu bisa terbakar , jadi apakah kamu masih ingin mencoba overclock

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *