Langkah-Langkah Merakit Komputer

Dear Sahabat IT. Meski sekarang banyak Usaha Dagang atau CV yang menawarkan jasa perakitan komputer atau menawarkan komputer yang sudah siap pakai, tetapi tidak ada salahnya jika kita belajar merakit komputer, kan? Bagaimana cara merarit komputer? Pertanyaan tersebut sering sekali saya dengar, baik di dalam maupun di luar kelas. Jika sedang di Lab Komputer, mereka terlihat semangat sekali untuk merusak belajar merakit komputer, karena memang ingin tahu dan ingin pintar merakit komputer.

Komponen perakit komputer banyak tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas dan harga. Keuntungan dari merakit sendiri, kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan. Ada tiga tahapan dalam perakitan komputer dan satu tahapan untuk penanganan masalah. Sekarang kita mulai belajar langkah-langkah merakit komputer dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:

  1. Persiapan
  2. Perakitan
  3. Pengujian
  4. Penanganan Masalah

Persiapan.

Tahap atau langkah pertama yaitu persiapan. Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul. Hal terkait dalam persiapan meliputi:

1. Mempersiapkan Komponen dan Perlengkapan

Komponen dan Perlengkapan
Komponen dan Perlengkapan

Komponen  komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan lebih dahulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari:

  • Komponen komputer
  • Kelengkapan komponen, seperti; kabel, sekerup jumper, baut dan sebagainya
  • Buku manual dan referensi dari komponen
  • Alat bantu berupa obeng pipih, dll
  • Software sistem operasi, device driver dan program apllikasi

Buku manual diperlukan sebaagai rujukan untuk mengtahui diagram posisi dan elemen konksi (konektor, port dan selot) dan selemen knfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk koputer yang dirakit. CD Software diperlukan untuk menginstall Sistem Operasi, device drever dari pirani dan program aplikasi pada kommputer yang selesai dirakit.

2. Penentuan Konfigurasi Komputer

Konfigurasi komputer berkaitan dengan penentuan dengan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dabat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita. Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, ram dan komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompitibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda.

3. Pengamanan

Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan. Pencegahan kerusakan karena listrik statis bisa dilakukan dengan cara:

  • Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis
  • Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau pleastik yang terdapat pada komponen.

Sebelum melakukan bongkar pasang atau perakitan komputer, sebaiknya sahabat perlu memperhatikan tahap persiapan ini. Cek komponen yang sekiranya dibutuhkan dalam merakit komputer. Setelah semua komponen yang dibutuhkan lengkap, siap untuk mulai merakit komputer. Nantikan tahap ke dua dalam Langkah-Langkah Merakit Komputer yaitu, Perakitan. 🙂

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *