Mengapa Smartphone Saya Sering Hang?

LOGO ANDROIDSahabat Belajar IT. Mengapa Smarphone Saya Sering Hang?. – Pertanyaan ini seringkali dilontarkan oleh sepupu-sepupu saya. Mereka mengeluh smartphonenya cepat panas, sering hang dan terkadang loading lambat (lola). Keluh kesah yang amat biasa.

Adakah diantara sahabat BIS yang bisa menjawab?. :mrgreen:. Sebelum saya bertanya ini itu kepada sepupu, biasanya saya cek terlebih dahulu kondisi smartphone. Kondisi yang saya maksud di sini bukanlah kondisi fisik, melainkan cek perangkat keras yang nempel pada smartphone. RAM, misalnya. Setelah melakukan pengecekkan, barulah saya cek satu persatu apllikasi yang mereka pasang.

Sebagian besar penyebab sering hang-nya smarphone, dikarenakan mereka serakah. Ya, serakah. Bagimana tidak serakah, RAM yang berkapasitas 512 MB benar-benar mereka manfaatkan sampai tersisa hanya sekian MB. Pantaslah kalau smartphonenya menjadi sering hang.

Contoh keserakahan yang dilakukan oleh mereka, yaitu hampir sebagian memori terisi dengan game dan double penggunaan aplikasi. Twitter, misalnya. Ia install tiga aplikasi twitter. Ada TweetCaster, Plume dan Hootsuite. Meski aplikasi yang terakhir tidak hanya dikhususkan untuk Twitter, tapi setidaknya Anda bisa memilih salah satu aplikasi terbaik (menurut Anda) yang nantinya akan digunakan. Karena, sesungguhnya serakah seperti ini bisa dikategorikan penjajahan ponsel. Hahahaha.

Mengapa Smartphone Saya Sering Hang?.

Tentunya ada banyak faktor atau penyebab smartphone Anda sering hang. Seperti yang saya contohkan di atas, penyebab utama sering hang-nya smartphone dikarenakan Anda serakah. Ya, User atau pengguna menjadi penyebab utamanya. Sebenarnya tidak hanya pada smartphone saja, berlaku juga untuk barang elektronik lainnya.

SMARTPHONEAda beberapa pendapat saya tentang seringnya smartphone hang. Selain dari faktor penggunaan dan atau user, ada hal lainnya yang menyebabkan android atau smartphone Anda mudah hang. Diantaranya, karena:

1. Anda tidak pernah melakukan clear chace pada Smartphone

Clear Chace pada smartphone sangat penting. Ibarat otak, ia nantinya akan lebih fresh. Smartphone akan merasa lebih ringan jika sudah diclear chace. Untuk melakukan clear chace ini bisa dilakukan manual atau menggunakan software.

Solusi: Lakukan clear chace supaya smartphone Anda kembali fresh dan setidaknya akan menambah space untuk bernafas. :mrgreen:

2. Anda tidak pernah melakukan stop Running setelah selesai menggunakan aplikasi

Setelah menjalankan beberapa aplikasi, sebaiknya Anda tengok pada pengaturan. Masih adakah aplikasi yang sedang berjalan atau running. Jika masih, ini akan mempengaruhi kinerja smartphone Anda. Karena, sama saja device penuh dengan aplikasi, meski hanya berjalan dibelakang layar.

Solusi: Lakukan pengecekkan dan stop running tiap kali Anda selesai menggunakan aplikasi. Hindari menggunakan tombol home ketika akan keluar dari aplikasi. Gunakanlah tombol back, end atau exit, untuk keluar dari aplikasi.

3. Banyak aplikasi yang terinstall di memori internal

Jika sedang malakukan download, Anda perlu memperhatikan loksi penyimpanan hasil download-an tersebut. Apakah tersimpan di memori internal, atau memori external.

Solusi: Siapkan memori eksternal yang berkapasaitas lumayan banyak. Pindahkan aplikasi (hususnya yang berukuran besar) ke memori eksternal (SDCard). Jika memori internal berisi sedikit data, ini sangat berguna untuk mempercpat kinerja smartphone Anda.

4. Koleksi Aplikasi dan atau Game

Sebelum berniat untuk koleksi aplikasi dan atau Game, ada baiknya Anda cek kapasaitas RAM. Jika RAM hanya berkapasitas sedikit, jangan mencoba koleksi aplikasi dan atau game.

Solusi: Install aplikasi dan game yang sering digunakan. Jangan mencoba untuk koleksi aplikasi kalau memang kapasitas RAM Anda sedikit.

Nah, di atas adalah argumen dari saya yang melatar belakangi Smartphone Sering Hang. Anda bisa menambahi pendapat lainnya. Semoga dengan adanya solusi agar smartphone tidak sering hang smartphone Anda akan sehat terus. Jangan dulu menghakimi merk atau toko yang menjual smartphone tersebut. Karena, pada terkadang justeru Anda-lah yang lebih dominan menyebabkan smartphone Anda sering hang, panas, bahkan loading lambat. :mrgreen: :mrgreen: Salam Senyuum. . . ^_*

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *