Proses Perakitan Komputer

Sahabat Belajar IT. Hari ini dapat jatah 30menit di depan komputer. Kesempatan yang ada akan saya pergunakan untuk meneruskan artikel Langkah-Langkah Merakit Komputer. Proses Perakitan Komputer merupakan langkah kedua setelah persiapan. Ada banyak langkah untuk merakit komputer. Untuk itu, saya akan menguraikannya satu persatu, mulai dari Mempersiapkan Motherboard sampai Penyelesaian Akhir.

Proses Perakitan ini benar-benar langkah demi langkah. Ada 10 tahap dalam merakit komputer. Untuk mengantisipasi kejenuhan dalam membaca, maka tahap-tahapnya akan saya bagi menjadi tiga tahap.

10 tahap proses perakitan komputer adalah sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan Motherboard
  2. Memasang Prosessor
  3. Memasang Heatsink
  4. Memasang Modul Memori
  5. Memasang Motherboard pada Casing
  6. Memasang Power Suply
  7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
  8. Memasang Drive
  9. Memasang Card Adapter
  10. Penyelesaian

Oke, dalam postingan ini, saya akan menyampaikan proses perakitan komputer, mulaid ari tahap pertama sampai tahap ke tiga.

1. Mempersiapkan Motherboard

Proses Perakitan Komputer

Jika Anda membeli CPU baru, ada baiknya Anda memeriksa buku manual motherboard. Hal tersebut berguna untuk belajar, membaca dan mengetahui posisis jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Atur seting jumper sesuai petunjuk pada buku manual, jangan sampai salah dalam mengatur jumper. Karena, kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusak porsessor.

2. Memasang Prosesor

Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. Cara memasang prosessor jenis socket dan slot itu berbeda.

Jenis Socket:

  • Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor do motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan.
  • Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka
  • Terlebih dahulu, posisi socket dipaskan, posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket. Rapatkan hingga tidak ada celah antara prosessor dengan socket. Kemudian, baru masukkan prosessor ke socket.
  • Turunkan kembali tuas pengunci.

Memasang Prosessor

Jenis Slot

  • Pasang penyangga (bracket) paa dua ujung slot di motherboard, sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard
  • Masukkan pasak, kemudian selipkan card prosessor di antara kedua penahan dan tekan hingga dapat masuk ke lubang slot.

3. Memasang Heatsink

Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink. Untuk mengoptimalkan pemindahan panas, maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan. Sedangkan permukaan kontak pada heatsink, dilapisi gen penghantar panas. Bila heatsink dilengkapi dengan fan, maka kotektor power pada fan dibuhungkan ke konektor fan pada motherboard.

Memasang Heatsink

Proses Perakitan Komputer saya akhiri sampai tahap ke tiga dulu, besok-besok saya lanjutkan lagi. Semoga tidak bosan untuk belajar ya. 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *