Salah Mengisi Tinta Warna Printer

wrenchSahabat Belajar IT. Salah Mengisi Tinta Warna Printer sering sekali terjadi pada refil printer non infus. Karena,  pada refil non infus, Anda langsung mengisi pada cartridge. Berbeda dengan printer infus, dimana Anda hanya menyuntikkan refil tinta pada botol infus.

Untuk mengisi tinta printer memang butuh kecermatan, untuk meminimalisir salah mengisi tinta warna printer. Terlebih, bagi Anda yang belum pernah sama sekali mengisi tinta warna. Ini akan menjadi pengalaman baru. Dan, bisa dipastikan Anda bingung untuk mengisi warna pada lubang tinta. Selanjutnya, apa yang akan Anda lakukan?.

Ada beberapa orang yang langsung menanyakan cara pengisian tinta warna kepada Google. Ada juga yang meminta bantuan kepada teman untuk mengisikannya atau sekedar bertanya cara pengisian tinta warna. Karena, belum tahu persis lubang warna tinta, ada yang ingin belajar mengisinya sendiri. Anda semua tahu, pada tinta warna terdapat tiga lubang tinta. Yaitu, warna Merah, Biru dan Kuning. Untuk memudahkan menghafal, catat saja dalam memori MBK. Kepanjangan dari Merah, Biru dan Kuning. :mrgreen:

Ke tiga warna tersebut mempunyai tempat tersendiri. Misalnya, pada cartridge canon 811. Lubang untuk pengisian warna Merah berdiri sendiri pada bagian atas. Lalu, bergeser ke kanan, lubang warna Biru. Dan, terakhir adalah lubang untuk tinta warna Kuning. Lalu, bagaimana jika Anda Salah Mengisi Tinta Warna Printer?.

Salah Mengisi Tinta Warna Printer
Isikan air pada lubang tinta. . .

Anda tidak perlu cemas apalagi takut. Anda tenang saja, silakan Anda membaca dengan cermat solusi Salah Mengisi Tinta Warna Printer di bawah ini. Solusi ini lebih menekankan pada pembersihan cartridge.

Peralatan yang dibutuhkan untuk mengembalikan cartridge agar bisa digunakan kembali, yaitu:

  1. Air secukupnya. Bisa diletakkan pada gayung atau wadah lainnya.
  2. Suntikkan tinta.

Langkah membuang tinta yang salah isi :

  1. Isi suntikkan tinta dengan air.
  2. Suntikkan air pada lubang cartridge secara terus menerus, sampai cartridge tidak lagi mengeluarkan tinta warna, melainkan mengeluarkan air. Langkah untuk menghilangkan tinta yang salah isi.
  3. Jika air yang keluar dari cartridge sudah bening (tanpa ada warna tinta), Anda bisa menyedotnya kembali menggunakan suntikkan tersebut. Langkah untuk membersihkan lubang dari air.
  4. Suntikkan kembali tinta warna (yang bernar). Lalu cek menggunakan tisue, apakah tinta warna sudah keluar. Jika tinta belum juga keluar, Anda harus melakukan deep cleaning pada printer Anda.

Langkah di atas merupakan solusi salah mengisi tinta warna printer. Ini hanya sebuah solusi, daripada cartridge langsung dibuang. Lebih baik mencoba solusi di atas terlebih dahulu. Bagaimana untuk hasil dari solusi ini?. Karena awalnya sudah salah dalam isi tinta, tentunya hasil print out tidak semaksimal saat cartridge masih ting-ting. Selamat mencoba dan Salam Senyuum. . . ^_*

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *