Solusi Monitor No Signal Pada Komputer

No signalMonitor adalah perangkat keras pada komputer yang berguna untuk menampilkan grafis pada CPU , sederhananya monitor berfungsi sebagai penampil gambar, monitor memilik macam-macam ukuran dan macam-macam jenisnya , dari ukuran 14 inchi sampai lebih dari 29 inchi , jenisnya juga beragam dari yang tabung (jadul) , sampai LED.

Lalu lepas dari penjelasan diatas , salah satu teman kemarin menanyakan satu permasalahan yang mungkin menurut saya rumit untuk memberikan solusinya yaitu permasalahan tentang solusi monitor no signal pada komputer, mengapa saya pikir rumit , karena jujur saya tidak bisa pegang itu komputer jadi saya jawabnya hanya melalui chat, jadi saya tidak bisa vonis ini salah satu hardware yang rusak atau ada kesalahan di windows tersebut , untuk menambah sedikit pengetahuan pembaca kali ini sekalian saya tulis beberapa solusi monitor no signal pada komputer.

permasalahan yang biasa terjadi :

  • biasanya saat anda pertama kali menghidupkan PC atau setelah restart, tiba-tiba monitor keluar tulisan “No Signal”

Solusi :

  1. Cek Kabel : pertama yang harus anda lakukan coba cek dulu kabel VGA anda, lepas kabel VGA anda cek apakah ada yang lecet , atau ada bekas gigitan tikus , bila normal coba pasang kembali kabel VGA atau kabel monitor anda sesuai pemasangan sebelumnya , pastikan anda memasangnya dengan benar , jika masalah belum terselesaikan , coba ganti kabel VGA dengan kabel baru atau pinjam tetangga atau teman.
  2. SAFE MODE : coba masuk safe mode (F8), pilih “Enable Low-Resolution video …” karena “No Signal” bisa terjadi bila anda salah melakukan setting Resolusi pada layar monitor anda , yang jelas settingan anda terlalu besar , jadi monitor tidak bisa menampilkan settingan yang anda buat barusan.

Solusi kedua :

  • Bongkar komputer anda , dari buka chasing, lepas hardware yang bisa dilepas seperti VGA, RAM, Kipas Prosesor , sekalian lepas Power Supply, bersihkan semua debu , dan pasang kembali dengan benar , coba hidupkan komputer anda lagi . jika malasah tadi belum terselesaikan ada dua cara gila yang bisa anda baca dibawah ini 😀
  • Cara paling termudah adalah anda anda membawa monitor + kabel monitor anda ke warnet / teman yang mempunyai komputer, lalu coba pasang monitor anda ke komputer warnet/temen tadi jika normal , berarti ada yang salah di komputer anda.
  • cara termudah kedua adalah anda pinjam 1 set komputer tanpa VGA ke rumah , atau bawa komputer anda ke warnet / teman anda , coba tukar satu persatu hardware anda , dari VGA , RAM , Power Supply, terakir Motherboard. pasti nanti ketemu penyakitnya .

nb : jika permasalahan yang di temukan adalah kerusakan di motherboard anda coba lakukan JUMPER , karena setiap motherboard beda cara jumpernya jadi silahkan cari digoogle , pasti banyak . sekian terima kasih .

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *