Tip Pemakaian Komputer yang Tepat

Di jaman modern seperti saat ini, banyak orang yang melakukan berbagai macam aktivitasnya di depan layar komputer, mulai dari anak-anak hingga pekerja kantoran. Bahkan, sekarang ini berbagai macam kegiatan juga menggunakan komputer entah di sekolah, mal atau pun kantor-kantor.

Hal ini disebabkan karena adanya kebutuhan manusia tentang efisiensi waktu yang begitu tinggi untuk menunjang pekerjaan yang mereka miliki.

Namun, apakah Teman-teman menyadari jika penggunaan komputer dengan tidak tepat akan bisa mempengaruhi tubuh? Selain itu, penggunaan komputer dalam jangka panjang ini akan bisa berakibat stres.

Lantas, seperti apa tip pemakaiankomputer  yang tepat?

Ketika kamu menggunakan komputer, pastikan kamu menciptakan suasana lingkungan yang rapih, bersih dan juga tenang. Faktor lingkaran ini memang begitu penting bahkan akan sangat menunjang agar berbagai macam kegiatan komputer yang Teman-teman miliki tidak terganggu dan terasa nyaman.

Bila lingkungan kamu bisa bersih, secara otomatis kamu akan menggunakan komputer dengan rileks dan tenang. Kamu dapat membayangkan bila lingkunganmu dipenuhi dengan kertas-kertas yang berserakan dan juga suara-suara berisik. Suasana ini bisa mengganggu pekerjaan dan kesehatan kamu.

PEMAKAIAN KOMPUTER
Pict credit: @crocholatozt, posisi ini jangan ditiru, ya!

Tip pemakaian komputer yang selanjutnya ialah perhatikan posisi duduk dan juga posisi monitor. Untuk posisi duduk, posisi yang paling tepat ketika menggunakan komputer ialah dengan cara menegakkan punggung sehingga kepala dan juga leher sejajar dengan tubuh kamu.

Hindari kebiasaan posisi miring atau pun membungkuk. Untuk posisi monitor, usahakan ia memiliki posisi yang sejajar dengan mata, sehingga bisa memudahkan kamu untuk secara langsung berhadapan di depan layar monitor. Hindari juga untuk melihat layar komputer dengan kepala berpaling.

Berikut aku bagikan beberapa tip mengatur posisi mouse dan juga keyboard, antara lain:

  • Letakkan keyboard dan juga mouse jauh dari jangkauan tangan kamu, sehingga ia akan lebih mudah di jangkau dengan tangan, dan dapat membuat kamu jauh lebih rileks,
  • Hindari meletakkan mouse dan keyboard berjauhan,
  • Ketika kamu menggunakan komputer, sangat dianjurkan untuk menaruh rak keyboard di bawah komputer. Hal ini akan membuat kamu lebih nyaman untuk melakukan berbagai pekerjaan,
  • Pegang mouse dengan rileks dan santai,
  • Posisikan keyboard kamu menjadi lebih rendah dari ketinggian meja. Bila terlalu tinggi, kamu dapat menyesuaikannya dengan ketinggian kursi.

Beberapa tip pemakaian komputer lainnya ketika kamu menggunakannya yaitu: lakukan pemanasan. Sebelum kamu mengerjakan pekerjaan, akan lebih baik bila kamu melakukan peregangan otot. Kamu hanya perlu duduk di kursi, kemudian meregangkan jari, buat gerakan seperti melingkar di pergelangan tangan dan juga kaki.

Selain itu, gerakkan kepala ke kiri dan juga ke kanan dengan perlahan. Bila sudah selesai, lanjutkan dengan cara menggerakkan kepala dari bawah dan ke atas. Lakukan hal ini secara perlahan.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *