Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7 Beserta Alasannya

Windows 10 adalah penggabungan antara Windows 7 dan Windows 8. Kalian pasti sudah tahu, ya. Saya adalah salah satu user yang terpikat dengan sistem operasi baru ini, dan saya akhirnya melakukan upgrade windows 7 SP1 ke windows 10, jarang-jarangkan Microsoft memberikan upgrade gratis kepada pengguna Windows 7 dan Windows 8.x

Jujur, saya butuh beberapa waktu untuk penyesuaian dalam menggunakan windows ini walapun beberapa setting, registry, config masih banyak yang sama. Menurut saya, windows ini adalah windows yang banyak membutuhkan koneksi internet, sangat berbeda dengan Sistem Operasi sebelumnya yang masih enak dipakai walau dalam keadaan Offline, lalu mengapa kali ini saya share pengalaman cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7 atau Windows 8.1 berikut alasannya :

Alasan downgrade windows 10 ke windows 7 atau windows 8.1

  1. Ada beberapa software favorit saya yang crash dan tidak cocok di windows 10, . Salah satu contoh adalah software MiniTool Partision Magic, setelah saya install aplikasi tersebut tiba-tiba Local Disk D: yang sebelumnya ada tiba-tiba hilang . dan cara Change Drive Letter Path tidak berhasil alhasil install ulang lagi.
  2. Tombol shortcut untuk kecerahan layar, volume up/down yang biasanya ada tombol F1-F12 tidak berjalan dengan normal , gejala ini terjadi disaat windows masih baru diinstall dan belum tersentuh Driver ataupun Software (Clean).
  3. Ada juga beberapa driver yang tidak pas padahal diwindows sebelumnya sama-sama 64bit alhasil saya harus melakukan update windows semalaman untuk menyesuaikan driver, ujung-ujungnya abis banyak-banyak kuota.

Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7/8.x

Pertama buka Setting atau dengan menekan windows + i

Masuk ke : Update & Security Windows Update, Security, Update

Pilih Menu Recovery, lalu pilih Go Back To Windows 7 (jika OS sebelumnya windows 7) klik tombol Get Started. Ikuti proses anda akan ditanya alasan mengapa downgrade, lalu beberapa peringatan tentang aplikasi yang harus anda install lagi, lalu peringatan tentang akun login dan password yang digunakan diwindows sebelumnya. lalu terakhir tunggu proses Restoring. dan selesai

catatan :

  • Lama Proses Upgrade , Downgrade , Restoring tergantung pada spesifikasi laptop anda sendiri, saya sendiri mengalami proses kurang lebih seharian karena saya menggunakan laptop LOW END
  • Downgrade hanya bisa dilakukan kamu lakukan bila sebelumnya kamu melakukan upgrade bukan clean install, contoh sederhananya : awal mula pc kamu terpasang windows 7 atau windows 8.1 dan setelah itu baru melakukan upgrade ke windows 10, selama folder windows.old masih ada di harddisk anda.
  • Maksud dari clean install adalah : install OS dengan menghapus semua partisi dan data yang berarti betul-betul bersih tanpa meninggalkan riwayat Registry, Data, Program, OS sebelumnya, jadi semua setting Default
  • Jika kamu melakukan downgrade windows 10 ke windows 7 / 8x , maka bila windows bukan windows asli alhasil windows kamu akan terdeteksi bajakan , dan proses membajaknya lagi pastinya berbeda dari sebelumnya.
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *