Cara Membuat OEM Logo di System Information Kamu

oem

Selamat pagi , habis gerhana matahari saya langsung posting saja “cara membuat logo OEM di system information kamu” , sebenarnya ini adalah pengalaman saya sendiri saat melakukan install ulang windows beberapa hari lalu, logo OEM tidak ada setelah saya melakukan instal ulang untuk itu langsun saja saya share ke sahabat IT sekalian daripada besok-besok saya lupa .

Apa itu OEM logo ? OEM (Original Equipment Manufacturer) Produsen peralatan asli . adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk atau komponen yang kemudian dibeli oleh perusahaan lain ataupun ritel dengan memakai merek dagang dari perusahaan pembeli tersebut. Awalnya OEM mengacu pada perusahaan yang memproduksi produk itu sendiri. Ketika mengacu pada komponen otomotif, OEM menunjuk pada bagian komponen pengganti yang dibuat oleh produsen komponen asli. (sumber : wikipedia)

Sebenarnya memasang atau tidak OEM logo tidak terlalu menjadi masalah serius , tidak juga merusak komputer atau laptop anda , tapi OEM logo hanya mempercantik / mengisi sisi kosong di System Information saja (menurut saya), mungkin pula dengan OEM logo komputer / laptop kamu jadi lebih lengkap informasinya.

Sebenarnya banyak aplikasi portable yang sangat simple/mudah sekali anda melakukannya, tinggal insert dan menulis information, tapi kali ini saya akan share caranya dengan manual saja , yuk mari !

Persiapan :

  • persiapkan gambar untuk OEM , bisa gambar merk laptop anda atau foto atau logo buatan anda sendiri , ukuran rekomendasi 200×200 px simpan dalam format .BMP
  • Jika gambar anda masih berformat PNG/JPG anda dapat merubahnya dengan aplikasi edit foto , atau bawaaan window seperti Paint , tinggal buka paint , masukkan gambar tinggal save as .BMP
  • Setelah jadi logo OEM kamu , tinggal logo tersebut kamu masukkan ke Local disk C: (default windows kamu)

oem local disk c

langkah cara memasukkan gambar ke System Information.

  1. masuk ke regedit (“windows+R” isikan regedit) atau bisa juga dengan Start Menu ketik Regedit lalu tekan ENTER.
  2. masuk ke : HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\OEMInformation
  3. lihat gambar dibawah : klik kanan > new >string value , lalu ubah nama string value menjadi “logo”
  4. lalu klik 2x string value yang kamu beri nama logo tadi
  5. kolom value data isikan : “\oemlogo.bmp”
  6. tutup regedit
  7. lalu klik my computer > properties
  8. lihat apakah sudah tampil (hasilnya bisa dilihat diatas)

regedit OEM

 

tambahan :

  • aplikasi oem brander / OEM Configurer/ OEM Configurator atau aplikasi untuk inject windows bajakan menjadi asli sepertinya sudah menyediakan edit OEM , untuk hal yang lebih praktis.
  • gambar tidak harus 200px , karena beda-beda ukuran , saya memakai 120px di laptop HP saya.
  • lokasi gambar tidak harus di local disk c: anda bisa menaruhnya dimana saja sebenarnya.  contoh bila di “local disk c :” valuenya menjadi “\oemlogo.bmp” , jika anda taruh di “C:\Windows\system32” valuenya menjadi “\Windows\system32\OEMLogo.bmp”
  • selamat mencoba 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *