Yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Instal Ulang Windows 7

windows-7-logo-hch (1)INUL saya biasa menyebutnya ! untuk sebagian orang awam tersenyum lirih ketika saya berkata itu. INUL adalah kata untuk Instal Ulang (saya singkat INUL), Instal ulang atau Reinstal adalah posisi yang harus kamu lakukan ketika Laptop, Netbook, atau Komputer kamu dalam kondisi paling buruk atau paling parah, tujuan yang sebenarnya dari install ulang adalah mendapatkan kondisi terbaik dan kondisi paling segar seperti saat baru pertama menggunakan. Install ulang juga berguna saat anda ingin merubah jumlah partisi , jumlah aplikasi dan merubah ukuran bits (ukuran 32bits atau 64bits), tapi sebelum anda melakukan install ulang ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum melakukannya.

Hal yang perlu kamu persiapkan sebelum instal ulang windows 7.

  1. Backups data : hal yang paling utama kamu harus lakukan adalah backup data data penting kamu , dari file musik, video, image, dokumen. Jika kamu ingin merubah partisi dari laptop kamu otomatis kamu harus backups semua data kamu, backups adalah memindah file-file yang saya jelaskan diatas kemedia lain seperti : DVD, Flashdisk, Harddisk External, atau anda bisa menyimpannya di Cloud Storage / penyimpanan cloud seperti dropbox atau yang lainnya .
  2. Driver : ada dua cara untuk driver , pertama anda harus backups juga driver, anda bisa menggunakan aplikasi ketiga seperti slimdriver, drivermax dll. Kedua: jika anda sudah mempunyai CD/DVD Driver bawaan dari laptop anda anda dapat mengabaikan cara pertama saya, tapi yang jelas driver sangat anda butuhkan walaupun windows 7 sudah ada driver otomatis, kalau anda tidak mau backups driver dan tidak mempunyai CD/DVD bawaan laptop anda bisa mengunduh DriverPack Solution gratis disitusnya.
  3. Aplikasi/software : Pilih aplikasi yang benar-benar kamu gunakan dan butuhkan setiap anda menggunakannya , hal ini dilakukan agar tidak terlalu membebani RAM anda , rekomendasi adalah : winrar, 7zip, pemutar musik, microsoft office, pemutar video , editing photo & video , antivirus, Browser, jangan lupa untuk instal : Java, Flash Player.
  4. OS Windows 7 : sekarang point selanjutnya anda harus mempunyai OS windows 7 untuk instalasi , anda bisa menggunakan media DVD atau Flashdisk, DVD 4 Gb sudah cukup dan Flashdisk minimal 4GB .
  5. Koneksi Internet : Koneksi internet bisa  anda lakukan setelah semua proses instalasi selesai , koneksi internet berguna untuk update aplikasi-aplikasi dan windows anda supaya terupdate dengan baik.

tambahan :

  • sebelum anda install ulang perhatikan windows apa yang anda pakai (windows starter, home, premium, ultimate) perhatikan juga 32bit atau 64bit.
  • software anda bisa memilih sesuai kehendak anda sendiri , ,rekomendasi dari saya tidak sepenuhnya bagus untuk anda.
  • Driverpack memiliki file sangat besar jika anda mengunduhnya sekitar kurang lebih 4GB , jika anda kerepotan untuk mengunduhnya anda bisa membelinya di toko komputer atau asesoris komputer biasanya ada,
  • Jika anda melakukan instalasi windows dengan media flashdisk anda harus mempunyai file ISO dahulu lalu anda harus menggunakan aplikasi seperti windows boot usb , agar saat anda flashdisk anda colok , komputer sudah bisa mendeteksi OS tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *